Spesifikasi Dan Harga Citroen E-C3 2023, Semurah Wuling Air EV?

Spesifikasi Dan Harga Citroen E-C3 2023, Semurah Wuling Air EV?

Menarik untuk tahu spesifikasi dan harga Citroen e-C3 2023. Pasalnya mobil listrik mungil ini siap masuk Indonesia dan yang terpenting harganya terjangkau yaitu sekitar Rp 300 jutaan. Bila benar, Wuling Air EV akan mendapat lawan sepadan.

Informasi tersebut dibocorkan langsung oleh Advisory Board Indomobil Group, Tan Kim Piauw. Hanya saja soal waktu peluncurannya, belum ada informasi lebih lanjut.

“Kami sepakat dengan mereka (prinsipal) harus masuk ke market yang banyak masyarakat butuhkan. Harga market EV yang besar itu kurang lebih Rp300 jutaan, ya mudah-mudahan itu bisa dapat ya. Ditunggu nanti,” kata Tan di Citroen Experience Center Jakarta, beberapa waktu lalu.

Walau belum dijual di Indonesia, tapi mengetahui spesifikasi Citroen C3 EV ini tidaklah sulit. Pasalnya mobil listrik tersebut sudah meluncur lebih dulu di India pada awal 2023.

Kelebihan Citroen e-C3 2023 bukan cuma murah, tapi juga punya jarak tempuh 320 Km. Fitur-fitur modern pun hadir, seperti head unit layar sentuh 10 inch yang bisa terkoneksi smartphone.

Mau tahu lebih detail mengenai spesifikasi mobil listrik Citroen ini, baik dari sisi eksterior, interior, dan performa baterainya? Berikut bahasan lengkapnya:

Eksterior Mobil Listrik Citroen e-C3

citroen e-c3 - tampak belakang

Tampilan eksterior Citroen C3 EV tidak beda banyak dibanding C3 bensin konvensional

Bicara eksterior Citroen e-C3 2023, sesungguhnya tidak banyak berbeda dengan C3 yang pakai mesin bensin konvensional. Namun begitu, untuk yang versi elektrik perbedaanya adalah tidak adanya pipa knalpot dan terdapat emblem “e” berwarna biru di pintu kanan serta kiri. Lalu colokan untuk isi baterai, terdapat di bodi kanan mobil, tepatnya di atas roda.

Baca juga  5 Kelebihan Citroen C3, Pemenang World Urban Car 2023!

Soal dimensi panjang, mobil listrik Citroen C3 EV ini mencapai 3.981 mm, lebar 1.733 mm, dan tinggi 1.604 mm. Sementara jarak sumbu roda tembus 2.540 mm. Kemudian untuk kaki-kaki, pakai ban ukuran 195/65 R15.

Bila dibanding Wuling Air EV, tentu bodi e-C3 lebih bongsor. Tidak percaya? Mobil listrik Wuling cuma memiliki panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm, dan tinggi 1.631 mm. Kemudian jarak sumbu rodanya 2.010 mm. Dengan demikian, mobil listrik Citroen ini akan lebih terasa seperti mobil sungguhan, interiornya juga lebih lega.

Interior Lega

citroen e-c3 - interior mobil listrik citroen

Mobil lsitrik Citroen ini lebih lega dibanding Wuling Air EV

Dengan eksterior bongsor, maka interior Citroen e-C3 2023 juga lebih lega dibanding Wuling Air EV. Kurang lebih kabinnya seperti city car konvensional. Apalagi mobil listrik ini punya empat pintu, jadi kalau penumpang mau duduk di jok belakang, tidak sulit. Berbeda dengan Air EV yang cuma memiliki dua pintu.

Khusus untuk penumpang belakang, Citroen mengklaim e-C3 memiliki ruang bahu mencapai 1.378 mm dan ruang kepala 991 mm. Lalu untuk kapasitas di dalam kabin, bisa 5-orang. Hanya saja di belakang, cuma tersedia dua headrest.

Baca juga  BMW Seri 3 Electric, Sebentar Lagi Meluncur?

Hal menarik lain, masih ada ruang bagasi 315 liter yang bisa dipakai meletakkan barang di bagian belakang.

Performa Citroen e-C3, Jarak Tempuh 320 Km

citroen e-c3 - baterai

Baterai Citroen e-C3 adanya di bagian bawah mobil

Bila melihat spesifikasi di India, maka Citroen e-C3 2023 dibekali dengan motor elektrik yang letaknya ada di bagian depan. Dikatakan tenaganya sanggup tembus 57 hp atau 43 kW, serta torsi puncak mencapai 143 Nm. Selanjutnya, untuk akselerasinya dari 0-60 km/jam, kemungkinan bisa diraih dengan waktu 6,8 detik. Kecepatan tertingginya dibatasi hingga 107 km/jam.

Oh ya, untuk baterainya menggunakan kapasitas 29,2 kWh dengan jarak tempuh maksimal 320 kilometer dalam kondisi penuh. Berbicara pengisian baterai, mobil listrik Citroen ini bisa menggunakan daya AC onboard 3,3 kW dan juga bisa menggunakan DC fast charging.

Nah, untuk durasi pengisian baterai C3 EV, dari 10 sampai 80 persen dibutuhkan waktu sekitar 57 menit untuk fast charging. Sementara pengisian baterai dari 0 sampai 100 persen dengan menggunakan charger AC di rumah, dibutuhkan waktu 10,5 jam.

Baca juga  Spesifikasi Nissan Kicks e-Power, Indonesia Banget

Tentu saja semua itu jadi kelebihan Citroen e-C3 dibanding Wuling Air EV. Pasalnya mobil listrik Wuling jarak tempuhnya cuma 300 Km, lalu baterainya tidak bisa dicas dengan fast charing.

Harga Citroen e-C3

citroen e-c3 - test drive

Harga Citroen C3 EV kemungkinan Rp 300 jutaan

Soal harga, Citroen e-C3 2023 untuk pasar Indonesia kemungkinan di angka Rp 300 jutaan. Murah memang, tapi itu cuma sekadar kisaran. Bila nanti benar dijual di Tanah Air, bukan tidak mungkin banderolnya bisa naik atau lebih mahal lagi.

Gambaran buat kamu, Citroen C3 yang pakai mesin bensin konvensional dijual di Indonesia mulai Rp 225 jutaan. Maka versi listriknya kalau masuk Tanah Air, pasti akan lebih tinggi banderolnya. Prediksi kami, harga Citroen e-C3 atau C3 EV bisa di atas Rp 350 jutaan atau bahkan sampai Rp 400 jutaan.

Bila melihat di India sendiri, Citroen e-C3 dijual dalam dua varian: Life dan Feel. Kalau varian Life, banyak fitur yang disunat, seperti tidak punya head unit layar sentuh besar, tidak ada remote keyless entry, dan lain-lain.

Nah, kapan Indonesia akan kebagian unit? Hingga sekarang belum ada informasi lebih lanjut. Semoga saja di tahun ini. Namun, jika benar mobil ini masuk ke pasar Indonesia, maka Citroen C3 EV ini bisa bersaing dengan Wuling Air EV yang saat ini harga jualnya mulai dari Rp 243 juta hingga Rp 299,5 juta. Simak terus TahtaAki.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.


Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *