Tips Merawat Mesin Turbo, Sesimple Itu! – Moladin

Tips Merawat Mesin Turbo, Sesimple Itu! – TahtaAki

Kali ini TahtaAki akan membahas soal tips merawat mesin turbo. Selain mobil elektrifikasi, pabrikan otomotif kini condong tertarik memproduksi mobil bermesin kecil yang dilengkapi dengan teknologi turbo.

Selain hemat bahan bakar, mesin kecil yang dibekali turbo mampu memberikan performa setara dengan mesin berkapasitas lebih besar.

Mobil seperti Daihatsu Rocky, Toyota Raize, Pajero Sport, Wuling Almaz, Honda Civic, dan Renault Kiger merupakan contoh nyata dari tren ini.

Daihatsu Rocky, sebagai salah satu perwakilan mobil bermesin kecil yang menggunakan teknologi turbo, memiliki keunggulan dalam menghasilkan tenaga yang besar sekaligus menjaga efisiensi bahan bakar.

Mesin 1.000 cc pada mobil Rocky mampu menyamai performa mesin 1.500 cc, dengan tenaga maksimum mencapai 96 dk pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 140 Nm di rentang 2.400 hingga 4.000 rpm.

Namun, untuk memastikan mesin turbo bekerja optimal, beberapa langkah perawatan perlu diperhatikan, seperti yang telah kami rangkum dari laman resmi Mitsubishi, Wuling dan Daihatsu.

Untuk Performa Maksimal

Almaz merupakan salah satu SUV bermesin turbo yang dijual dengan harga terjangkau

Sebelum melakukan perawatan, penting untuk memahami kinerja mesin turbo. Hal ini dilakiukan supaya mesin lebih bekerja optimal dan system turbo awet

Baca juga  Segini Biaya Perbaikan Link Stabilizer Mobil

1. Panaskan Sebelum Jalan

Mesin ini memerlukan kondisi panas sebelum dijalankan, jadi sebaiknya mobil dipanaskan selama tiga sampai lima menit sebelum digunakan.

Saat mematikan mesin, pastikan jarum RPM telah turun dan diamkan sejenak selama 1 menit.

2. Pemilihan Jenis Oli yang Tepat

Pemilihan jenis oli mesin menjadi langkah penting dalam merawat mesin turbo. Mobil dengan mesin turbo membutuhkan jenis oli yang lebih cair dan memiliki kemampuan pelumasan yang baik.

Oli mesin turbo juga sebaiknya memiliki kualitas pendinginan yang baik. Rekomendasi oli yang ideal adalah bertipe 0W-20.

3. Bahan Bakar Oktan Tinggi

Penting untuk memilih bahan bakar dengan oktan tinggi untuk mendukung kinerja mesin yang tinggi. Mesin turbo sebaiknya disuplai dengan bahan bakar beroktan di atas 90 atau jenis Pertamax ke atas. Hal ini akan memberikan performa mesin turbo yang lebih optimal.

4. Rutin Bersihkan Filter Udara 

biaya service berkala daihatsu rocky

Daihatsu Rocky memiliki harga yang lebih murah dibanding Toyota Raize

Rutin membersihkan filter udara menjadi bagian dari perawatan mesin turbo. Kinerja mesin yang tinggi memerlukan suplai udara yang baik untuk menjaga performa maksimal. Oleh karena itu, bersihkan komponen saringan udara secara rutin.

Baca juga  4 Ciri Pengemudi Ngantuk, Waspada!

5. Ikuti Panduan Pengguna

Buku panduan pengguna yang disertakan saat pembelian Daihatsu Rocky dapat menjadi panduan perawatan yang sangat bermanfaat.

Informasi terkait perawatan dan spesifikasi mobil dapat ditemukan di dalamnya, membantu pemilik mobil untuk menjaga kinerja mesin turbo secara optimal.

6. Perawatan Berkala di Bengkel Terpercaya

Lakukan perawatan berkala di bengkel terpercaya setiap 6 bulan sekali. Proses perawatan mesin turbo akan dilakukan secara profesional dan bergaransi.

Pemilik hanya perlu mengatur jadwal kunjungan ke bengkel resmi untuk menjaga mesin turbo Daihatsu Rocky tetap prima.

Dengan mengikuti langkah-langkah perawatan ini secara sistematis, pemilik mobil dapat memastikan bahwa mesin turbo  tetap dalam kondisi optimal.

Hal ini tidak hanya meningkatkan umur mesin tetapi juga memastikan performa maksimal saat menjalani perjalanan jauh.

Demikian ulasan Tips Merawat Mesin Turbo. Simak terus TahtaAki.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *