4 Motor Listrik Paling Mahal Di IIMS 2024, Nomer 3 Turun Seratus Juta – Moladin

4 Motor Listrik Paling Mahal Di IIMS 2024, Nomer 3 Turun Seratus Juta – TahtaAki

Gelaran IIMS 2024 yang baru saja usai, tidak hanya menjadi saksi munculnya beragam mobil baru, tapi juga penegasan era elektrifikasi roda dua, termasuk dengan penampilan 4 motor listrik paling mahal di event tersebut.

Hal mencolok di IIMS 2024 ialah menempatkan dua sisi partisipan brand motor konvensional dan brand motor listrik. Pada brand motor konvensional hadir Astra Honda Motor (AHM), Italjet, Kawasaki, Benelli, Keeway, BMW Motorrad, Yamaha, Scomadi, Royal Enfield, Moto Guzzi, Aprilia, Vespa, Piaggio, Peugeot, dan Royal Alloy.

Sementara untuk merek motor listrik yang berpartisipasi di IIMS 2024 terdiri dari ALVA, Davigo, Gesits, ZPT, Move, Yadea, Volta, United, SMEV, Selis, Greentech, Mid West, Pacific, Polytron dan Rakata.

Tapi percayakah jika pada daftar 4 motor listrik paling mahal di IIMS itu justru hadir dari brand BMW Motorrad, Kawasaki dan Vespa. Sementara satu-satunya brand motor listrik dengan benderol paling mahal ke-4 ialah brand lokal SMEV. Berikut ulasannya!

1. BMW CE 04 (Rp 418,8 juta)

BMW CE 04 jadi motor listrik termahal dengan banderol setara harga rumah

BMW Motorrad Indonesia di bawah kendali operasional PT Layur Astiti Bumi Kencana memanfaatkan momentum IIMS 2024 dengan meluncurkan kembali BMW CE 04.

Peringkat pertama di daftar 4 motor listrik paling mahal ini merupakan motor listrik premium yang didesain untuk mobilitas elektrik bagi mereka yang dinamis dengan konektivitas terbaik sehingga bisa terintegrasi dengan aktivitas pengendaranya.

Secara tampilan, BMW CE 04 terlihat sangat futuristik dengan LED headlight yang terintegrasi DRL LED dan Adaptive Cornering Light yang menerangi jalan di setiap tikungan.

Secara performa, BMW CE 04 dibekali motor listrik berdaya 42 HP dan torsi maksimum 62 Nm pada 1.500 rpm, sehingga mampu berakselerasi dari 0 sampai 50 km/jam dalam 2,6 detik, dengan kecepatan maksimum 120km/h dan jarak tempuh hingga 130 km.

Motor listriknya merilis daya 42 hp

Motor listriknya merilis daya 42 hp

Fitur quick charging pada BMW CE 04 dapat mengisi baterai kosong hingga penuh hanya hanya waktu 1 jam 40 menit. Dan pengisian baterai dari 20% ke 80 %, hanya membutuhkan waktu 45 menit saja.

Baca juga  Harga Suzuki Jimny 5 Pintu Digoreng di IIMS Bikin Konsumen Kecewa, Emang Yakin laku?

Nah untuk fitur-fitur keselamatan motor ini tersedia Automatic Stability Control, Dynamic Traction Control, ABS Pro yang sudah dilengkapi dengan cornering ABS, Electronic Reverser yang memudahkan pengendara memundurkan motor.

Ada juga layar TFT 10.25 inci dengan split screen yang terintegrasi dengan peta navigasi, menjadikan CE 04 motor listrik yang sangat aman dan nyaman untuk dikendarai. Juga hadirnya 4 mode berkendara Eco, Rain, Road dan Dynamic.

Bagi konsumen yang berminat, BMW CE 04 dibanderol Rp 418,8 juta On The Road Jakarta.

2. Kawasaki Ninja e-1 dan Ze-1 (Rp 149,9 juta dan Rp 146,9 juta)

Kawasaki Ninja e-1 jadi motor listrik bergaya sport

Kawasaki Ninja e-1 jadi motor listrik bergaya sport

Motor kedua di list 4 motor listrik paling mahal kali ini jatuh pada Kawasaki Ninja e-1. Motor yang didatangkan langsung secara utuh dari Jepang alias CBU ini memang sekilas mirip dengan perawakan Kawasaji Ninja 400.

Meski pada Ninja e-1 hadir tanpa knalpot dan tetap terlihat agresif dengan lekuk garis bodi yang tajam. Bentuk lampu depan dan belakang khas hingga ukuran ban yaitu 100/80-17 (depan) dan 130/70-17 (belakang).

Bobot Ninja e-1 mencapai 140 kg termasuk dua baterai (23 kg) yang digendongnya. Namun untuk menjaga bobot tetap serendah mungkin, Kawasaki menggunakan rangka bergaya teralis yang mengadopsi dari sasis yang digunakan di jajaran produk lainnya. Namun begitu kekauan sasis tersebut direvisi serta posisi pemasangan yang rendah untuk motor listrik bertujuan membantu menurunkan center of gravity motor.

Kawasaki Ninja e-1 hadir bersama saudaranya yakni Kawasaki Z e-1

Kawasaki Ninja e-1 hadir bersama saudaranya yakni Kawasaki Z e-1

Ninja e-1 menggunakan dua baterai yang masing-masing punya kapasitas 30Ah dan tegangan nominal 50,4V. Di atas kertas, Ninja e1 diklaim bisa menyemburkan tenaga maksimal 12 PS pada rentang 2.600-4.000 rpm. Motor sport listrik ini juga diklaim dapat menempuh kecepatan maksimal 88,5 km per jam di mode Road, 64 km/jam di mode Eco.

Baca juga  Begini Detail Interior MG Maxus 9 EV Yang Dijajal Jokowi di IIMS 2024

Ada pula fitur E-Boost yang bisa menambah tenaga, untuk mode Eco bisa menembus 75 km/jam dan mode Road mencapai 105 km/jam. Penggeraknya mengusung motor listrik Air-Cooled, Interior Permanent Magnet Synchronous Motor. Motor ini ditawarkan dalam 3 pilihan warna yaitu Metallic Bright Silver, Metallic Matte Lime Green dan Ebony.

Bagi konsumen yang berminat Kawasaki Ninja e-1 dijual Rp 149,9 juta. Sementara Kawasaki Ninja Ze-1 yang lebih bergaya naked dijual dengan harga lebih murah yakni Rp 146,9 juta.

3. Vespa Elettrica (Rp 95 juta)

Vespa Elettrica dengan tampang retro fururistik

Vespa Elettrica dengan tampang retro fururistik

Dari 4 motor listrik paling mahal di IIMS 2024 maka produk Vespa Elettrica jelas yang paling bikin kaget. Apalagi kalau bukan penurunan harga gila-gilaan dari sebelumnya dibanderol Rp 198 juta kini dipangkas nyaris separuh atau tepatnya Rp 103 juta hingga jadi hanya Rp 95 juta

Secara tampilan, vespa listrik punya desain layaknya Vespa Primavera. Hanya saja lebih nyentrik dengan warna azzuro elettrico, kombinasi abu-abu futuristik dengan aksen biru ditopang ban depan berukuran 110/70-12 inci dan ban belakang 120/70-11 inci.

Vespa Elettrica didukung baterai berkapasitas 4,2 kWh (48V 86Ah) yang bobotnya mencapai 25 Kg. Istimewanya, baterai Vespa Elettrica 2023 tidak mengganggu luas bagasi di bawah jok yang tetap bisa menyimpan helm half face. Bicara performa skuter elektrik ini, memiliki power unit yang bisa menghasilkan torsi 200 Nm dan tenaga maksimal 4 kW.

Speedometer digital dengan indikator status baterai

Speedometer digital dengan indikator status baterai

Vespa listrik ini bisa menempuh jarak 100 Km dalam kondisi baterai penuh dan mode Eco. Sementara untuk mode Power, cuma 70 Km. Dan untuk kecepatan maksimal Vespa Elettrica hanya mentok di angka 67 Km/jam.

Baca juga  Harga Toyota Vellfire Hybrid 2024, Cuma Rp 1,8 Miliaran!

Motor ini didukung fitur regenerative braking atau Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang membantu efisiensi pengisian daya. KERS memungkinkan daya pengereman dikonversi ke energi listrik untuk cas baterai secara otomatis selama perjalanan.

Untuk pengisian ulang daya baterai Vespa listrik ini juga mudah. Anda cukup menarik kabel dari kompartemen di bawah jok, yang biasanya terletak tutup bahan bakar, kemudian menyambungkannya ke stop kontak. Waktu pengecasan 4-8 jam dengan tegangan 220 V.

4. SMEV EM-T (RP 75 juta)

SMEV EM T bisa dipersonalisasi dengan bodi full karbon kevlar

SMEV EM-T bisa dipersonalisasi dengan bodi full karbon kevlar

Motor terakhir di jajaran 4 motor listrik paling mahal di IIMS 2024 jatuh pada SMEV EM-T. SMEV atau kepanjangan dari Studio Motor Electric Vehicle digagas sebagai model sepeda motor listrik yang bisa dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan berkendara individu pemiliknya.

SMEV EM-T dihadirkan khusus untuk menerjang kontur yang jalan yang tidak rata, ditujukan untuk semua kalangan baik pria ataupun wanita, yang suka berkendara di perkotaan dengan sensasi petualangan.

SMEV EM-T bisa melaju hingga 100 km

SMEV EM-T bisa melaju hingga 100 km

Spesifikasi jantung SMEV EM-T disokong dinamo listrik berkekuatan 4.000 watt, baterai li-ion dengan cell dari LG berdaya 72V40Ah (garansi 3 tahun) dan juga controller programmable. Kombinasi keduanya bisa bikin EM-T melaju dengan top speed 100 km/jam dengan jarak tempuh maksimal diklaim hingga 110 km.

Dengan spesifikasi tersebut, motor bergaya off-road itu diklaim mampu memiliki torsi yang cukup besar untuk dapat diandalkan menaklukkan medan off-road yang dilalui. Desain gagah dari motor EM-T, dirancang untuk mengatasi medan yang berat dan menaklukkan jalur yang menantang.

SMEV turut menjual electrical kit dengan kemampuan yang lebih tinggi

SMEV turut menjual electrical kit dengan kemampuan yang lebih tinggi

Menariknya untuk mengakomodasi keinginan konsumen dalam meningkatkan performa motor, SMEV turut menjual electrical kit dengan kemampuan yang lebih tinggi dari standar EM-T. Bagi konsumen yang berminat harga motor listrik SMEV EM-T memang tidak saklek karena motor ini dijual berdasarkan pesanan sehingga tidak ready stock.

Namun sebagai gambaran, dari situs resmi smevmoto diketahui harga SMEV EM-T dijual Rp 78,3 juta On The Road dengan reservation atau semacama tanda jadi (DP) mulai Rp 3 juta. Simak terus TahtaAki.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *