Harga Mobil Listrik Bekas Wuling Air EV, Semakin Terjangkau? – Moladin

Harga Mobil Listrik Bekas Wuling Air EV, Semakin Terjangkau? – TahtaAki

Kira-kira berapa ya harga mobil listrik bekas Wuling Air EV. Di era mobil ramah lingkungan, nama Wuling Air EV jadi salah satu yang menonjol lantaran jadi salah satu pemain utama di pasar mobil listrik.

Dengan desain futuristik dan teknologi canggih, mobil listrik ini menarik perhatian banyak calon pengguna.

Bagi mereka yang ingin mengalami sensasi berkendara ramah lingkungan tanpa harus membeli mobil baru, mencari harga mobil listrik bekas seperti Wuling Air EV bisa menjadi opsi menarik.

Mari kita eksplorasi lebih lanjut mengenai harga mobil listrik bekas ini, sekarang.

Harga Bekas Stabil Wuling Air EV Stabil

Sebelum membahas harga, kita perlu mengingatkan diri kita tentang keunggulan Wuling Air EV. Desainnya yang kompak, dan modern menciptakan citra yang sesuai dengan karakter mobil listrik masa kini.

Fitur-fitur teknologi canggih, seperti layar sentuh infotainment, sistem pengisian daya yang cepat, dan konektivitas yang memadai, menjadi daya tarik utama Wuling Air EV.

Terkait harga mobil bekas Wuling Air EV Long Range, di marketplace, misal untuk tahun 2022, Wuling Air EV dibandrol mulai harga Rp 200-223 jutaan. Adapun kilometernya untuk pemakaian dua tahun tersebut kilometer pemakaiannya masih terbilang masih rendah berkisar 500-1000 km.

Untuk harga bekas Wuloing Air Ev yang masih terbilang terjaga ini, pada dasarnya mobil listrik bekas dipengaruhi oleh beberapa faktor kunci.

Pertama-tama, umur mobil dan jumlah pemakaian menjadi indikator penting.

Terutama kondisi baterai menjadi krusial. Baterai mobil listrik memiliki siklus hidup tertentu, maka dari itu penting untuk memastikan bahwa baterai Wuling Air EV yang bekas masih dalam kondisi optimal.

Selanjutnya, fitur dan opsi tambahan pada mobil juga turut memengaruhi harga.

Sebagai contoh, Wuling Air EV dengan paket baterai dengan jelajah yang lebih jauh (Long range), fitur keselamatan dan kenyamanan tambahan mungkin dihargai lebih tinggi daripada model standar (Standar Range) dan versi Lite.

Baca juga  5 Perbedaan Wuling Confero S Facelift Vs Lama

Tips Membeli mobil listrik Wuling Air EV

harga mobil listrik bekas Wuling Air Ev

Motor penggerak Wuling Air EV, pakai penggerak belakang.

Ada beberapa tips yang perlu diketahui sebelum kamu emmutuskan untuk membeli mobil listrik Wuling Air Ev bekas.

1. Pahami Teknologi

Sebelum membeli mobil listrik bekas, luangkan waktu untuk memahami teknologi di balik mobil tersebut.

Pahami kapasitas baterai, jarak tempuh, sistem pengisian daya, dan fitur-fitur lainnya. Ini membantu kamu menilai apakah mobil tersebut sesuai dengan kebutuhan harian.

2. Cek Kondisi Baterai

Baterai adalah komponen kunci dalam mobil listrik. Pastikan untuk memeriksa kondisi baterai dan seberapa baik baterai tersebut mempertahankan kapasitas muatannya.

Beberapa produsen mobil listrik menawarkan garansi baterai yang dapat memberi kamu kepercayaan tambahan.

3. Riwayat Pemakaian

Sama dengan mobil konvensional, periksa riwayat pemakaian dan perawatan mobil. Catat berapa kilometer mobil tersebut sudah berjalan, dan pastikan bahwa perawatan rutin, terutama perawatan terkait baterai, telah dilakukan secara teratur.

4. Adakah Bekas Perbaikan

Selain fokus pada aspek listrik, pastikan untuk memeriksa kondisi umum mobil. Cek mesin, sistem rem, kaki-kaki, dan kelengkapan lainnya.

Pastikan juga untuk mengecek apakah tidak ada kerusakan yang signifikan atau tanda-tanda perbaikan besar-besaran yang dilakukan.

5. Tes Kinerja Motor Listrik

Sama seperti mobil konvensional, lakukan tes kinerja pada mobil listrik bekas. Uji akselerasi, sistem pengereman, dan fungsionalitas lainnya. Pastikan tidak ada kebocoran daya atau masalah kelistrikan lainnya.

6. Pengecekan Garansi

Periksa apakah mobil listrik bekas masih dalam garansi atau apakah garansi baterai masih berlaku. Ini bisa memberikan perlindungan tambahan jika ada masalah yang muncul setelah pembelian.

Baca juga  Daftar 10 Mobil Paling Laku di Dunia, Ada Wuling!

7. Pertimbangkan Biaya Perawatan dan Penggantian Baterai

Selain harga pembelian, pertimbangkan biaya perawatan dan kemungkinan biaya penggantian baterai di masa depan. Memahami biaya total kepemilikan akan membantu kamu membuat keputusan yang lebih informasional.

Berapa Biaya Perawatan Mobil Listrik Wuling Air EV?

harga mobil listrik bekas Wuling Air Ev

Wuling Air EV dengan velg 14 inci. Foto: Reindy Riupassa

Estimasi biaya perawatan mobil listrik, seperti Wuling Air EV, dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor. Namun, secara umum, biaya pengisian daya lebih rendah dibandingkan dengan mobil konvensional.

Mengacu laman resmi Wuling, disebut rata-rata biaya pengisian daya mobil listrik Wuling Air Ev adalah Rp7.833.312 untuk menempuh jarak 24.140,16 km per tahun (Rp646.787 per bulan).

Untuk biaya servicenya Wuling Air EV Lite, dengan harga termurah Rp 190 juta, bersaing di segmen Low MPV dengan mobil lainnya.

Perawatan berkala dilakukan setiap 5.000 km, 10.000 km, 20.000 km, dan seterusnya hingga 100.000 km.

Biaya perawatan tersebut pun tergolong terjangkau, tanpa ada yang melampaui Rp 1 juta. Berikut daftar biaya perawatan berkala Wuling Air EV, belum termasuk PPN 11%:

  1. 5.000 km: Rp 345.000
  2. 10.000 km: Rp 240.000
  3. 20.000 km: Rp 559.000
  4. 30.000 km: Rp 240.000
  5. 40.000 km: Rp 345.000
  6. 50.000 km: Rp 454.000
  7. 60.000 km: Rp 345.000
  8. 70.000 km: Rp 240.000
  9. 80.000 km: Rp 559.000
  10. 90.000 km: Rp 240.000
  11. 100.000 km: Rp 345.000

Perlu diingat, biaya tersebut belum termasuk PPN 11%. Adapun untuk penggantian komponen, hanya terdapat tiga jenis perawatan, yaitu oli gardan, filter AC, dan cairan rem.

Dalam perbandingan dengan mobil bensin di kelas LCGC, biaya perawatan Air EV terbilang rendah. Sebagai contoh, biaya servis Toyota Agya, yang merupakan mobil sekelas, memiliki estimasi biaya servis termurah sekitar Rp 561.000. Meski begitu, Toyota memberikan gratis biaya jasa sampai servis ke-6 atau 4 tahun. Berikut adalah estimasi biaya perawatan berkala Toyota Agya 1.0 L A/T dari laman resmi Toyota Astra Motor:

  1. Servis ke-1: Gratis
  2. Servis ke-2: Rp 561.000
  3. Servis ke-3: Rp 735.000
  4. Servis ke-4: Rp 561.000
  5. Servis ke-5: Rp 929.000
  6. Servis ke-6: Rp 561.000
  7. Servis ke-7: Rp 1.184.550
  8. Servis ke-8: Rp 974.586
  9. Servis ke-9: Rp 2.836.370
  10. Servis ke-10: Rp 974.586
  11. Servis ke-11: Rp 1.184.550

Baca juga  5 Langkah Ikut Lelang Mobil Online, Bisa Dicoba

Dengan demikian, Wuling Air EV menawarkan biaya perawatan yang terjangkau, membuatnya menjadi opsi menarik di pasar mobil listrik.

Tips Merawat Mobil Listrik Bekas

harga mobil listrik bekas Wuling Air Ev

Hindari tempat parkir yang terlalu panas untuk mencegah overheating.

  1. Kebersihan Eksterior dan Interior: Jaga kebersihan mobil secara rutin, baik eksterior maupun interior.

  2. Perawatan Baterai: Isi daya baterai dengan benar dan periksa kondisinya secara teratur.

  3. Penggantian Oli dan Filter AC: Ikuti rekomendasi produsen terkait penggantian oli dan periksa filter AC secara berkala.

  4. Servis Minyak Rem: Periksa ketersediaan minyak rem dan lakukan servis jika diperlukan.

  5. Pemeriksaan Kondisi Ban: Perhatikan rotasi ban dan penyesuaian posisi ban untuk menjaga kenyamanan dan umur ban.

  6. Parkir di Area yang Dingin: Hindari tempat parkir yang terlalu panas untuk mencegah overheating.

  7. Perawatan Stasiun Pengisian Baterai: Jaga kebersihan dan perawatan stasiun pengisian baterai, terutama jika terletak di rumah pribadi.

  8. Tetap Dicas Meski Tak Digunakan: Jangan biarkan baterai kosong untuk mencegah kerusakan.

Demikian ulasan terkait harga listrik bekas Wuling Air Ev. Simak terus TahtaAki.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 


Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *