Mobil Baru Toyota Dipatenkan, Ambil DNA Crossover Siap Camping – Moladin

Mobil Baru Toyota Dipatenkan, Ambil DNA Crossover Siap Camping – TahtaAki

Popularitas SUV meningkat tajam dalam 5 tahun terakhir tak membuat raksasa otomotif Jepang, Toyota mengabaikan model lain. Terkini mobil baru Toyota secara resmi sudah dipatenkan mengambil DNA crossover dan diklaim siap untuk diajak camping.

Dengan mobil baru yang dipatenkan ini, membuktikan jika Toyota juga piawai dalam memproduksi dan menjual model juga van dan minivan. Walau diyakini model ini akan merujuk pada versi produksi dari Toyota X-Van Gear Concept yang sempat mejeng di Japan Mobility Show 2023

Mobil yang dipatenkan ini merujuk pada desain mobil konsep Toyota di Japan Mobility Show 2024

Bisa dikatakan jika desain mobil baru Toyota yang dipatenkan ini mengadopsi gaya funky sejak kehadiran model fungki lainnya yakni Honda Element.

Akankah Toyota X-Van Gear Jadi Mobil Produksi?

Desain mobil baru yang dipatenkan mirip Toyota X-Van Gear Concept
Desain mobil baru yang dipatenkan mirip Toyota X-Van Gear Concept

Karena bocoran gambar patennya begitu identik pada sosok Toyota X-Van Gear maka bukan tidak mungkin model yang sama akan menjadi model siap jalan. Siluet desain mobil ini jauh lebih baik, seperti versi kendaraan siap jalan yang mudah disukai banyak orang daripada konsep liar yang sekadar menghias lantai pameran saja.

Namun, seperti gambar sedan konsep Acura, pengajuan desain ini ke kantor paten tidak menjamin niat Toyota untuk memproduksinya. Masuk akal jika mereka melakukannya untuk melindungi desain ini dari merek lain yang mungkin memiliki ide aneh.

Salah satu dari beberapa penelitian yang dipamerkan di Japan Mobility Show 2023 lalu, X-Van Gear mengusung desain mengotak dengan pintu geser di depan dan belakang. Lapisan plastik kokoh berpadu dipadukan dengan palet warna, sedikit mengingatkan kita pada gaya FJ Cruiser.

X-Van Gear concept hadirkan desain mengotak
X-Van Gear concept hadirkan desain mengotak

Meski secara proporsi keseluruhan Toyota X-Van disinyalir akan menghasilkan kendaraan yang berada di antara van dan SUV, tidak terlalu berbeda dengan Honda Element yang mencuat di tahun 2000an.

Masuk ke kabin, mobil baru Toyota dipantenkan ini menawarkan tiga baris kursi yang kesemuanya tertanam pada rel di lantai. Hal ini memungkinkan seluruh jok dapat digeser dan diatur ulang. Ditambah dengan pintu tanpa pilar B, terciptalah ruang terbuka lebar yang dapat digunakan sebagai ruang santai atau ruang makan untuk berkemah saat camping.

Spekulasi Dimensi Mobil Baru Toyota

Merujuk pada X-Van Gear Concept, mobil baru Toyota akan seukuran bodi Voxy
Merujuk pada X-Van Gear Concept, mobil baru Toyota akan seukuran bodi Voxy

Toyota mematenkan desain ini pada awal Maret, memicu spekulasi di Jepang tentang kemungkinan mobil versi produksi sedang dalam proses pengerjaan.

Kendaraan ini digambarkan begitu identik dengan mobil konsepnya, kecuali tambahan crossbar dan roof rack beserta yang tidak ditampilkan. Namun, semua fitur utama lain seperti lengkungan roda berbentuk kotak dengan rel pintu geser, pilar A, B, dan D hitam, bersama dengan pilar C yang kontras, plus DRL LED sipit di atas headlamp berpiksel semuanya terlihat jelas pada fascia pengajuan paten.

Spekulasi dimensinya, mobil baru Toyota ini akan memiliki panjang 4.695 mm, lebar 1.820 mm, dan tinggi 1.855 mm. Jika dibandingkan dengan X-Van concept maka mobil ini akan memiliki ukuran sebanding dengan Toyota Noah dan Voxy milik Toyota yang sudah ada. Meski begitu, Toyota belum memastikan secara resmi apakah X-Van akan masuk produksi.

Simak terus TahtaAki.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *