Jenis-Jenis Mobil Ambulans, Harga Dan Kelangkapannya

Jenis-Jenis Mobil Ambulans, Harga Dan Kelangkapannya

Kali ini TahtaAki akan membahas soal Jenis-Jenis Mobil Ambulans. Mobil ambulans adalah kendaraan istimewa yang bertugas melayani pasien dalam keadaan darurat.

Kendaraan ini dari mobil biasa karena dilengkapi dengan peralatan medis yang mendukung penanganan pasien secara cepat dan tepat saat situasi membutuhkan.

Di dalam ambulans, biasanya terdapat tim paramedis yang sudah terlatih dengan baik. Tugas mereka tak hanya sekadar mengemudi, tetapi juga memberikan bantuan medis pertama dan perawatan intensif kepada pasien selama perjalanan menuju rumah sakit.

Namun, sayangnya, mobil ambulans sering kali disamakan dengan mobil jenazah. Hal ini salah besar. Keduanya memiliki fungsi yang sangat berbeda, terutama dalam hal pelayanan dan perawatan medis yang diberikan kepada pasien. Untuk lebih memahami perbedaannya, mari kita simak penjelasan berikut ini!

Mobil ambulans dirancang khusus untuk menangani keadaan darurat medis. Mereka dilengkapi dengan berbagai fitur dan peralatan medis yang memadai untuk menyediakan perawatan yang diperlukan sebelum pasien tiba di rumah sakit.

Fungsi utama mobil ambulans adalah menyediakan transportasi yang aman dan cepat bagi pasien yang membutuhkan penanganan segera. Mereka dilengkapi dengan sirine dan lampu isyarat darurat agar pengguna jalan lainnya dapat memberi jalan saat mobil ambulans sedang bertugas, memastikan pasien tiba di rumah sakit dengan segera.

Jadi, meskipun mobil ambulans dan mobil jenazah sama-sama berhubungan dengan pelayanan kesehatan, keduanya memiliki peran yang berbeda. Mobil ambulans adalah harapan pertama bagi pasien yang membutuhkan bantuan medis darurat, sementara mobil jenazah bertugas membawa jenazah ke tempat pemakaman dengan penghormatan dan kehormatan yang layak.

Untuk lebih lengkapnya, simak ragam jenis ambulans di bawah ini.

Jenis-jenis Ambulans

Ada beberapa jenis mobil ambulans yang memiliki fungsi dan kelangpan berbeda-beda. Berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis mobil ambulans:

1. Ambulans Transportasi

Ambulans transportasi digunakan untuk pasien yang tidak memerlukan perawatan khusus atau tindakan darurat untuk menyelamatkan nyawa. Mereka biasanya tidak menghadapi kondisi gawat darurat selama perjalanan. Ambulans ini dilengkapi dengan tabung oksigen, alat pengukur tekanan darah, obat-obatan sederhana, dan cairan infus secukupnya.

2. Ambulans Advance/Emergency Ambulans

Ambulans Advance atau Emergency Ambulans dirancang khusus untuk memberikan pertolongan gawat darurat pra rumah sakit. Mereka bertujuan membawa pasien dari lokasi kejadian ke tempat tindakan seperti rumah sakit.

Ambulans ini dilengkapi dengan berbagai peralatan medis lengkap seperti ventilator, monitor, piggyback, oksigen, dan infus. Mereka dapat melakukan tindakan gawat darurat di dalam ambulans jika diperlukan, sehingga memerlukan sarana prasarana lengkap dan tingkat lanjut.

3. Ambulans Lapangan

Ambulans jenis ini umumnya berfungsi sebagai ambulans gawat darurat dalam situasi sehari-hari. Namun, mereka juga dapat digunakan dalam skenario lapangan yang membutuhkan mobilitas tambahan.

Ketika diperlukan, mereka dapat bergabung dengan ambulans sejenis dan ambulans pelayanan medik bergerak untuk menyediakan bantuan medis yang lebih luas.

4. Ambulans Jenazah

Mobil ambulans jenazah khusus digunakan untuk pengangkutan jenazah. Mereka tidak dilengkapi dengan alat medis seperti ambulans lainnya.

Ruang di dalam mobil jenazah biasanya lebih kosong, hanya berisi bangku dan keranda jenazah. Tidak ada fasilitas medis di dalamnya, sehingga mereka secara khusus difungsikan untuk tujuan pengangkutan jenazah saja.

Kelengkapan mobil Ambulans

Mobil ambulans adalah kendaraan yang dilengkapi dengan berbagai alat dan perlengkapan medis penting untuk memberikan pertolongan medis segera kepada pasien yang membutuhkan. Berikut adalah daftar lengkap alat-alat yang biasanya terdapat di dalam mobil ambulans:

1. Defibrillator dan Monitor EKG

Defibrillator sangat penting untuk stabilisasi pasien yang mengalami henti jantung. Alat ini digunakan untuk mengembalikan detak jantung yang normal. Sementara itu, Monitor EKG digunakan untuk memantau tanda-tanda vital pasien selama perjalanan.

2. Papan Angkat

Papan angkat digunakan untuk mengangkat dan memindahkan pasien dengan aman. Hal ini penting untuk memastikan pasien dapat ditangani dengan cepat dan efisien.

3. Transport Ventilator

Transport ventilator berfungsi sebagai pengganti ventilasi manual atau kantong ventilasi untuk membantu pasien bernafas secara normal selama perjalanan ke rumah sakit.

4. Unit Penyedot

Unit penyedot digunakan untuk menyedot cairan di dalam tubuh pasien, terutama pada kasus pendarahan internal, untuk memastikan pasien tetap stabil hingga sampai di rumah sakit.

5. Pompa Suntik Infus

Pompa suntik infus digunakan untuk memasukkan cairan ke dalam tubuh pasien secara terkontrol dan terukur sesuai dengan kebutuhan medisnya.

6. Ranjang Pasien

Peralatan ini meliputi kursi dan ranjang pasien yang digunakan untuk memberikan kenyamanan dan perlindungan kepada pasien selama perjalanan, serta kursi untuk perawat dan anggota tim medis.

7. Nebulizer

Nebulizer digunakan untuk memberikan obat cair kepada pasien dengan cara menghirupnya. Ini penting terutama untuk pasien dalam kondisi kritis yang membutuhkan penanganan cepat.

8. Unit Pasokan Oksigen

Unit pasokan oksigen sangat penting untuk membantu pasien yang mengalami kesulitan bernapas, terutama dalam situasi seperti kecelakaan atau kebakaran.

9. Sphygmomanometer

Sphygmomanometer digunakan untuk mengukur tekanan darah pasien. Alat ini membantu tim medis dalam memantau kondisi pasien secara teratur selama perjalanan.

9. Peralatan lainnya

Selain itu, mobil ambulans juga dilengkapi dengan peralatan lain seperti perban dan perlengkapan penyelamatan lainnya yang diperlukan untuk menangani berbagai jenis cedera dan kondisi medis darurat.

Harga dan Karoseri Pembuat Ambulans

Saat ini sudah banyak karoseri pembuat mobil ambulans di Indonesia. Harganya pun beragam tergantung kelangkapan yang digunakannya. Misal DFSK Gelora Ambulans, dikembangkan bersama Ambulance Pintar Indonesia, menawarkan lima varian, termasuk model Jenazah.

Mobil ambulans ini diilengkapi dengan perlengkapan medis, dimensi memadai, dan mesin yang handal. Untuk harganya tersedia mulai Rp219 – 244 jutaan.

Lainnya ada PT Adiputro Wirasejati, terkenal dengan karoseri bus, juga membuat ambulans. Direktur David Jethrokusumo menjelaskan bahwa harga satu unit ambulansnya sekitar Rp 600 jutaan, termasuk AC, HEPA filter, meja, dan tempat duduk perawat. Ambulans ini menggunakan sasis Isuzu Elf, Hino Dutro 110 SDBL, atau Mitsubishi Colt Diesel FE 71, dengan waktu pengerjaan sekitar satu hingga dua bulan.

Meski harga relatif tinggi, permintaan ambulans di Adi Putro masih tetap stabil, terutama dari perusahaan swasta di Indonesia.

Demikian ulasan Jenis-Jenis Mobil Ambulans. Simak terus TahtaAki.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *