5 Referensi Modifikasi Suzuki Jimny 5 Pintu, Beda Selera, Beda Aliran – Moladin

5 Referensi Modifikasi Suzuki Jimny 5 Pintu, Beda Selera, Beda Aliran – TahtaAki

Berikut akan kami kupas 5 referensi modifikasi Suzuki Jimny 5 pintu yang menarik untuk disimak. Ada yang bergaya Dakar Edition, Street Style, dan gaya lain yang tentunya sedap dipandang dan tetap fungsional.

Suzuki Jimny 5 pintu diluncurkan saat event Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 kemarin. Seperti yang diduga banyak orang, kemunculan awalnya heboh karena “digoreng” oleh beberapa oknum sales, dimana mereka menjual dengan harga yang ebih mahal dari harga OTR resmi diler dengan iming-iming bisa mendapat no urut awal.

Suzuki Jimny 5 pintu menggunakan mesin berkpasitas 1.462 cc s silinder berkode K15B yang sama dipakai pada Ertiga dan XL7. Di atas kertas, torsi puncak tembus 134,2 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga 104.8 PS pada 6.000 rpm. Soal transmisi, Suzuki menyediakan pilihan manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

SUV Suzuki ini berpenggerak 4WD menggunakan teknologi ALLGRIP Pro. Suzuki mengklaim, dengan tiga mode penggerak yang diadopsinya yakni 2WD-high, 4WD-high, dan 4WD-low, Suzuki Jimny diklaim bisa menaklukkan medan offroad ekstrem sekalipun.

Dimensi Jimny 5 pintu memiliki panjang 3.985 mm, lebar 1.645 mm, dan memiliki tinggi 1.720 mm. Jarak sumbu rodanya ialah 2.590 mm, lebih panjang 340 mm dibandingkan wheelbase Jimny versi 3 Pintu. Berikut 5 referensi modifikasi Suzuki Jimny 5 pintu :

1. Modifikasi Jimny 5 Pintu ala Paris Dakar

Referensi modifikasi Suzuki Jimny 5 pintu pertama adalah model Paris Dakar yang diinisiasi oleh akun modifikator bimbledesigns. Hasilnya terlihat gagah dan macho.

Pada bagian depan masih dipertahankan grill dan lampu bulat khas Suzuki Jimny. Hanya saja, ilustrator bimbledesigns menambahkan aksesori berupa lampu tambahan di bagian fascia, kap mesin, dan atap, untuk menerangi jalan di malam hari. Kemudian ditambahkan pula ventilasi kap mesin, snorkel dan rak atap untuk mengakomodasi barang tambahan.

Baca juga  Waktu Yang Tepat Beli Suzuki Jimny 5 Pintu, Berani Goreng Harga Pecat!

Pada bagian bodi samping dipenuhi dengan stiker sponsor, yang bikin konsep dakar di mobil ini semakin beraura. Berlanjut ke bagian belakang tidak ada perubahan yang signifikan, sang ilustrator hanya meletakkan ban cadangan di pintu bagasi.

Tampilan mobil ini semakin macho berkat penyematan skid bar dan suspensi yang ditinggikan. Untuk membuat Jimny 5 pintu ini lebih tangguh, bimbledesigns mengadopsi pelek reli dengan kelir putih yang dibalut dengan ban MT untuk melintas medan offroad dan berlumpur.

2. Modifikasi Jimny 5 Pintu Camping Style

Referensi modifikasi Suzuki Jimny 5 pintu yang kedua adalah Camping Style. Modifikasi ini direferensikan langsung oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada IIMS 2024 lalu. Unitnya juga langsung dipajang dengan aksesoris orisinil.

Sebagai kendaraan tangguh yang bisa diandalkan di segala medan, Jimny dengan tema camping ini tentunya bisa menjadi inspirasi bagi yang suka bertualang di alam bebas.

Pada bagian belakang mobil, terdapat tenda lepas pasang (attachable tent) berbahan dasar parasut sehingga saat beristirahat dan menikmati pemandangan tetap terlindungi dari terik matahari maupun hujan. Untuk kenyamanan berkendara, penyematan Door Visor mampu melindungi interior dari tetesan hujan ketika jendela dibuka, serta Rear Gate Net untuk menjaga barang bawaan camping tetap tertata rapi selama perjalanan.

Baca juga  Penjualan Suzuki Jimny 5 Pintu di IIMS 2024 Cuma 264 Unit, Inden Bos!

Selain Attachable Tent, untuk mendukung camping dan penampilan disematkan pula aksesoris Multi Roof Rack, Roof Basket, Door Visor, Door Handle Escutcheon, Side Under Garnish, Mud Flap, Spare Tire Half Cover, Bracket Spare Tire Half Cover, Decal for Spare Tire Half Cover, Sticker Rhino, Luggage Mat, dan Rear Gate Net.

3. Modifikasi Jimny 5 Pintu Street Style

Referensi modifikasi Suzuki Jimny 5 pintu selanjutnya adalah Street Style yang juga hasil dari internal tim SIS. Modifikasi ini terbilang paling sederhana karena secara tampilan tidak berbeda jauh dengan versi standar.

Model ini hanya bermain aksesori yang meliputi Door Visor, Side Under Garnish, Door Handle Garnish:, Multi Roof Rack, Spare Tire Cover Rigid, Decal, Front Bumper Under Garnish, Air Vents Satin Silver, Assistant Grip Cover, Door Inside Handle Cover, AT Shift Panel Satin Silver, dan Foot Illumination.

4. Modifikasi Jimny 5 Pintu Marine Style

Sesuai tema yang diusung, modifikasi Jimny 5 pintu ini menunjukkan kemampuannya untuk beradaptasi di lingkungan pantai. Referendi modifiaksi Suzuki Jimny 5 pintu ini juga dari SIS.

Tampilannya memang tidak seekstrim modifikasi Paris Dakar. Grill depan disematkan emblem “SUZUKI” dengan desian lebih klasik warna putih, lalu ada tambahan Under Garnish di bemper depan dan bagian samping bodi.

Tambahan aksesoris lainnya ada Roof Rack berikut Surfboard Carrier, cover ban cadangan di belakang pakai bahan Soft/Rhino, dan juga bodinya diberi cutting sticker Rhino. Untuk interiornya, paket modifikasi ini diberi Rear Gate Net dan Luggage Mat.

Baca juga  Test Drive Suzuki Jimny 5 Pintu, Lebih dari Sekadar Mobil Off-road Keluarga

5. Modifikasi Jimny 5 Pintu Gaya Retro

Referensi modifikasi Suzuki Jimny 5 pintu selanjutnya bergaya retro. Josaphat Febrian melalui akun Instagram pribadinya mengunggah penampilan Jimny 5 pintu standar menjadi retro look yang terinspirasi dari rumah modifikasi DAMD asal Jepang.

Pada bagian depan, grill kotak khas Jimny generasi baru diganti dengan grille buatan DMAD yang memiliki desain horizontal seperti kepunyaan Jimny lawas. Tak cuma bagian grille, tema retro juga disuguhkan pada bagian bumper, plastik sudut bumper juga mewarnai atap dengan kelir putih senada pelek dan bumpernya. Kemudian untuk headlamp tetap pakai bentuk bulat diselaraskan dengan lampu kecil berwarna oranye di bagian bawah.

Berlanjut ke bagian samping, overfender yang semula kelir hitam dibuat senada dengan warna body. Dan untuk bagian kaki-kaki, modifikator Josaphat menyematkan pelek kaleng yang dibalut dengan ban model BF Goodrich. 

Modifikasi Jimny 5 pintu dengan konsep retro memang terlihat sederhana namun berkarkarakter. Kesan gagah ala tahun 70-an kental terasa dan membuat sedap dipandang mata.

TahtaAkiers, itulah ulasan beberapa referensi modifikasi Suzuki Jimny 5 pintu yang mungkin bisa menjadi inspirasi Kamu. Simak terus TahtaAki.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *