Spesifikasi Kenworth SuperTruck 2, Truk Hybrid Berwajah Kereta Cepat – Moladin

Spesifikasi Kenworth SuperTruck 2, Truk Hybrid Berwajah Kereta Cepat – TahtaAki

Honda bukan satu-satunya perusahaan yang membuat gebrakan di ajang Advanced Clean Transportation (ACT) Expo karena Kenworth telah meluncurkan SuperTruck 2 mereka. Ini dia spesifikasi Kenworth SuperTruck 2.

Lebih terlihat seperti kereta cepat dibandingkan truk semi, Kenworth SuperTruck 2 “mendorong batas dalam mengurangi hambatan aerodinamis.” Sebagai bagian dari upaya ini, truk ini mengekspos gaya yang ramping dan roda yang tertutup sepenuhnya.

Kenworth SuperTruck 2 tampil futuristik ala kereta cepat

Tak hanya itu SuperTruck ini juga memiliki kaca spion digital yang tidak hanya mengurangi hambatan, tetapi juga membantu meningkatkan visibilitas.

Di bagian lain, terdapat rumah kaca berdesain indah dan seperangkat lampu untuk pencahayaan yang ekspresif. Model ini juga menggunakan suspensi variabel, yang dapat menyesuaikan ketinggian pengendaraan untuk mengoptimalkan tingkat aerodinamis.

Kabin Futuristik, Jok Driver di Tengah

st2 center driver
Layout dasbor modern dengan jok pengemudi di tengah

Gaya futuristik Kenworth SuperTruck 2 terus berlanjut di bagian interior. Kabin truk ini dijejali jok pengemudi di bagian tengah dan instrumen cluster full digital ukuran 15 inci. Fitur terakhir memberikan informasi bagi pengemudi secara lebih mudah terkait tata letak yang dapat dikonfigurasi, dan menu yang ramah pengguna.

Di belakang kokpit terdapat ruang tidur dengan tempat tidur yang dapat dilipat di atas sofa. Semuanya digabungkan dengan meja yang dapat digerakkan dan ventilasi udara belakang.

Mesin Kenworth SuperTruck 2

aero family
Keluarga besar aero family, truk-truk aerodinamis besutan Kenworth

Tenaga Kenworth SuperTruck 2 didukung mesin PACCAR MX-11. Ini adalah mesin bakar bertenaga 440 hp dan dilengkapi sistem hybrid ringan 48V yang menggunakan baterai lithium-ion generasi lanjutan.

Sistem hybrid ringan di truk ini memungkinkannya dilengkapi kipas listrik, kemudi listrik serta pendingin listrik dan pompa HVAC. Semua ini sebelumnya digerakkan secara mekanis dan Kenworth mencatat bahwa kipas mesinnya saja dapat menghasilkan tenaga hingga 80 hp.

Selain membantu meningkatkan efisiensi, sistem hybrid memungkinkan ‘hotel’ berjalan ini tetap memproduksi listruk semalaman dengan mesin mati. Hal ini dapat membantu mengurangi emisi secara signifikan karena pengemudi tidak perlu terus menghidupkan kendaraannya saat mereka beristirahat.

Maarten Meijer, manajer teknik senior PACCAR yang turut andil dalam pembuatan truk ini menyatakan. “Mesin diesel modern saat ini menunjukkan efisiensi sekitar 47%. Mencapai 55,7% merupakan sebuah langkah maju yang besar dan hanya dapat dilakukan dengan menerapkan teknologi baru yang belum tereksplorasi hingga saat ini. Sebagai perbandingan, jika mesin ini mulai diproduksi, hal ini akan menghasilkan peningkatan efisiensi bahan bakar sebesar 10%.”

Efiseinsi Kenworth SuperTruck 2

st2 driving
Kenworth SuperTruck 2 buktikan efisiensi maksimal

Selain mesin yang lebih efisien, SuperTruck 2 dan trailernya ternyata sangat ringan. Seperti dijelaskan Kenworth, traktor dan trailer memiliki bobot gabungan 11.839 kg, yang berarti lebih ringan 3.221 kg dibandingkan truk biasa.

Untuk membantu mengurangi bobot, mereka dilengkapi dengan sepuluh ban konsep berteknologi baru yang mengurangi bobot 161 kg dan memiliki rolling resistancesangat rendah. Mesin yang lebih efisien juga memungkinkan penggunaan tangki bahan bakar yang lebih kecil yaitu 303 liter, sehingga menghemat bobot dan menjaga jarak tempuh tetap sama tidak berubah.

Kenworth menargetkan peningkatan efisiensi pengangkutan sebesar 100% dibandingkan Kenworth T660 keluaran 2009, yang “bisa dibilang merupakan truk paling hemat bahan bakar di industri” pada saat itu, dan mereka akhirnya melampaui target tersebut dengan mencapai peningkatan sebesar 136%. Model ini juga memiliki peningkatan efisiensi bahan bakar hingga 12,8 mpg dan pengurangan hambatan sebesar 48%.

Meskipun SuperTruck 2 bertenaga diesel, perusahaan mengatakan itu dirancang untuk mengakomodasi sel bahan bakar, tangki hidrogen, tangki gas alam, atau baterai tanpa mengubah kabin dasar.

General manager Kenworth Jim Walenczak menambahkan, “SuperTruck 2 memberi kami kesempatan untuk menyelidiki teknologi baru pada tahap awal. Kami mempelajari apa yang berhasil dan apa yang tidak. Hasilnya, kami dapat mengkomersialkan teknologi baru lebih cepat dibandingkan sebelumnya.”

Simak terus TahtaAki.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *